Laman

Sabtu, 05 Maret 2011

Senang Belajar IPA 5 Rositawati


Pada setiap awal semester, kamu akan mendapatkan kegiatan semester. Di semester 1 Kelas V ini, kamu akan mempelajari fungsi organ tubuh manusia. Fungsi organ tubuh manusia tersebut mencakup sistem pernapasan, system pencernaan, dan sistem peredaran darah. Ketiga sistem tersebut dapat mengalami gangguan atau penyakit.

Agar lebih memahami materi mengenai fungsi organ tubuh manusia beserta penyakitnya, lakukanlah kegiatan semester berikut.

1. Tema Kegiatan       : gangguan dan penyakit pada tubuh manusia
2. Jenis Kegiatan        : pengamatan (observasi)
                                    3. Tujuan Kegiatan    : mengetahui dan mengidentifikasi kelainan ataupenyakit yang dapat terjadi pada tubuh manusia.
4. Pengerjaan Kegiatan
• Mintalah surat permohonan izin dari sekolahmu untuk melakukan pengamatan di rumah sakit/Puskesmas.
• Lakukan pengamatan (observasi) di salah satu rumah sakit atau Puskesmas di daerahmu.
• Hal-hal yang akan kamu lakukan dalam observasi tersebut mencakup sebagai berikut.


a.      Observasi Penyakit

Kamu dapat mengobservasi langsung atau meminta penjelasan dari pihak rumah sakit/Puskesmas. Carilah informasi mengenai jenis penyakit, gejala penyakit tersebut, serta cara penanggulangannya. Kamu dapat mewawancarai dokter atau petugas kesehatan di rumah sakit/Puskesmas. Kamu harus menyiapkan tabel hasil sebagai berikut.

b.      Observasi Peralatan Kedokteran

Untuk melakukan observasi ini, kamu harus didampingi oleh pihak ahli dari rumah sakit atau Puskesmas. Carilah informasi mengenai berbagai alat kedokteran yang digunakan di rumah sakit atau Puskesmas tersebut. Jangan lupa untuk mencatat nama, cara penggunaan, dan manfaat alat tersebut. Buatlah tabel pengamatan sebagai berikut.

5. Pembuatan Laporan

Setelah kamu memiliki data hasil observasi, buatlah laporan tertulis. Buatlah laporan tersebut dengan baik dengan mengikuti aturan penyusunan laporan. Mintalah bantuan kepada gurumu dalam penyusunan laporan tersebut. Hasil laporanmu akan dikumpulkan di akhir semester 1. Selamat bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar